Donggala, Nomoni.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah akan menetapkan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) pada Senin (12/2/2018).

Seperti diwartakan Antara Sulteng, Ketua KPU Donggala, Mohammad Saleh mengatakan penetapan tersebut akan dilakukan pada pukul 14.00 di kantor KPU Donggala.

Ia mengatakan KPU telah merampungkan verifikasi berkas dan dukungan tiap-tiap pendaftar yang ingin bertarung pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak kabupaten Donggala tahun 2018.

KPU Donggala telah melakukan rapat pleno terbuka hasil rekapitulasi untuk dukungan pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan pada Jumat (9/2/2018) lalu.

Hasilnya mencatat tiga pasangan Cabup-Cawabup dari jalur independen tidak mendapat dukungan sesuai jumlah yang dipersyaratkan oleh ketentuan perundang-undangan.

KPU menetapkan jumlah dukungan dari jalur perseorangan yaitu sebanyak 19.608 dibuktikan dengan KTP.

Sementara itu tiga pasangan Cabup dan Cawabup yaitu Idham Pagaluma-Mohammad Yasin Lataka memperoleh 17.641 dukungan, Burhanuddin Yado-Endah Wahyuning Asih memperoleh 11.235 dukungan dan pasangan Suandi-Abdurrahman Kasim memperoleh 6.160 dukungan.

Satu pasangan lainnya yaitu Tema Mohammad dan Rusli Zamzani belum diplenokan oleh KPU karena masih verifikasi dukungannya di tingkat desa dan kecamatan.

Jadi, kata Saleh tiga pasangan Cabup-Cawabup sudah dapat dinyatakan tidak memenuhi syarat, namun pengumuman resminya baru akan disampaikan Senin (12/2/2018).

Ia menjelaskan pasangan Cabup-Cawabup yang didaftarkan Partai Politik (Parpol) dan gabungan Parpol telah memenuhi syarat. Pasangan tersebut yakni petahana bupati Kasman Lassa-Mohammad Yasin, petahan wakil bupati Vera Elena Laruni – Taufik Burhan, dan pasangan Anita-Abd Rahman (Umang).

“Penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati tidak diikutkan dengan pengundian nomor urut. Pengundian nomor urut calon dilakukan sehari kemudian,” ujar Saleh. (IMR)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.