PALU, NOMONI.id – Setiap daerah di Indonesia, memiliki tokoh pejuangnya di masa lalu, termasuk kota Palu, Sulawesi Tengah.

Kota yang bersuku asli Kaili ini memiliki beberapa tokoh pejuang yang mungkin belum semua masyarakatnya mengetahui.

Salah satu tokoh pejuang asal Kaili tersebut yakni Kakek Lasatande Dunia yang menentang kehadiran penjajah Belanda ratusan tahun silam.

Wali Kota Palu, Drs. Hidayat, M.Si mengatakan riwayat Kakek Lasatande Dunia merupakan pejuang gigih sampai diasingkan ke tanah Jawa oleh Belanda.

“Patriot tanah Kaili ini merupakan kakek dari Songgolangi dan kita tidak tau kapan orang tua kita ini meninggal dunia,” katanya saat Haul Kakek Lasatande Dunia belum lama ini.

Sebagaimana diketahui, Kakek Lasatande Dunia telah terkubur ratusan tahun di tanah pengasingan Sukabumi, Jawa Barat.

Kerangka tokoh Kaili tersebut akhirnya dipulangkan ke kota Palu tahun 2007 silam bersama kerangka Lamariapa, cucu perdana Menteri Landa.

Saat ini, makam Kakek Lasatande Dunia bertempat di kompleks pemakaman umum kelurahan Petobo, kecamatan Palu Selatan.

“Pengorbanan besar kakek ini patut kita hargai dan saya mengajak kita semua untuk mendoakan agar almarhum senantiasa mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah,” ungkap Wali Kota Hidayat.

Ia mengatakan pihaknya akan memperbaiki lokasi pemakaman Kakek Lasatande Dunia dan para tokoh pejuang dari Kaili lainnya.

Ia berharap Dinas Sosial kota Palu agar menulusuri ataupun mengidentifikasi para tokoh pejuang Kaili untuk diusulkan menjadi Pahlawan Nasional. (IIM)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.